< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=1099737507705712&ev=PageView&noscript=1" />
share

9 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Last updated: 31 May 2024
172 Views
dua gelas kopi nikmat dari Ai-KA Coffee & Tea

Dari dulu sampai sekarang, eksistensi kopi tidak pernah redup. Hal ini karena kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang di seluruh dunia. Bahkan, untuk sebagian besar orang, kalau tidak minum kopi rasanya seperti ada yang kurang.

Selain memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang menggugah selera, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho! Mungkin masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan. Namun, tenang saja karena kita akan membahasnya lebih dalam pada artikel ini. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya!

1. Menjaga Berat Badan

Belum banyak yang tahu kalau mengonsumsi kopi dapat membantu tubuh dalam sistem pengelolaan berat badan. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan metabolisme dan kemudian membantu mempercepat pembakaran lemak dengan efisien. Tak heran kalau kopi kerap dijadikan sebagai salah satu menu minuman untuk diet.

Namun, tentunya kopi yang disarankan untuk diet bukan yang ditambahkan gula, susu, atau krimer, ya! Manfaat minum kopi yang satu ini hanya dapat kamu rasakan melalui seduhan kopi hitam tanpa pemanis dan mengonsumsinya dalam takaran yang pas.

2. Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat minum kopi yang satu ini ampuh untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Kandungan kafein pada kopi dapat membuat sensitivitas tubuh terhadap insulin jadi meningkat yang kemudian membantu mengatur kadar gula darah. Namun ingat, dalam hal ini, kopi yang dimaksud adalah kopi murni yang tidak ditambahkan gula atau jenis pemanis lainnya, ya! Dengan demikian, manfaatnya baru akan bekerja secara optimal. 

3. Mencegah Peradangan di Dalam Tubuh

Kopi juga kaya akan antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Akan tetapi, bukan berarti saat mengalami peradangan obat langsungnya adalah kopi, ya. Melainkan, manfaat kopi ini merupakan bentuk pencegahan dari hasil konsumsi kopi secara rutin atau berkala.

4. Manfaat Minum Kopi Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak memiliki peranan penting dan harus selalu dijaga kesehatan serta fungsinya. Dalam hal ini, kopi memiliki pengaruh secara tidak langsung untuk meningkatkan fungsi otak, lho! Hal ini karena kandungan kafein di dalam kopi dapat bertindak sebagai stimulan yang membantu meningkatkan konsentrasi seseorang.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kandungan kafein di dalam kopi juga diketahui dapat meningkatkan daya ingat. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein tersebut dapat memicu peningkatan aktivitas otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori. Lebih dari itu, bahkan kopi juga dapat membantu mencegah seseorang dari risiko penyakit demensia dan juga alzheimer.

6. Kopi Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minum kopi yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki tingkat risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah.

Akan tetapi, kamu disarankan untuk tetap mengonsumsinya dalam takaran dan jumlah yang wajar. Jika perlu, konsultasikan juga dengan para ahli atau profesional agar terhindar dari efek samping lain yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. 

7. Meningkatkan Mood dan Kesehatan Mental

seorang wanita sedang bahagia sambil memegang dua gelas kopi Ai-KA

Sumber gambar: instagram.com/aika.officialindonesia

Tak cuma bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kopi juga baik untuk kesehatan mental, lho! Kopi memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang sedap, hal itulah yang memicu peningkatan suasana hati atau mood. Dengan kata lain, orang yang mengonsumsinya akan merasa lebih bahagia dan akhirnya membuat kesehatan mental lebih terjaga.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kopi memiliki banyak kandungan antioksidan. Berkat hal tersebut, kopi diklaim dapat membantu mencegah penyakit kanker pada tubuh seseorang.

Jika ditinjau cara kerjanya, antioksidan dalam kopi akan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu kanker. Dengan rutin mengonsumsi kopi dalam takaran yang wajar, risiko terkena penyakit kanker akan berkurang. 

9. Kesehatan Hati Lebih Terjaga

Manfaat minum kopi lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kesehatan hati yang lebih terjaga. Dengan demikian, risiko terkena penyakit hepatitis, kanker hati, sirosis, dan berbagai penyakit hati lainnya akan lebih rendah dibandingkan tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Demikianlah 9 manfaat minum kopi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Dari semua informasi di atas, manfaat kopi apa saja, nih yang kamu baru tahu?

Buat kamu yang mau minum kopi berkualitas nan nikmat dengan harga terjangkau, langsung saja pesan kopi dari Ai-KA Coffee & Tea! Menunya sangat bervariasi, sehingga kamu bisa pilih sesuai selera dan preferensi kamu. Yuk, order sekarang! 

Related Content
tanaman bunga Osmanthus warna kuning
Bunga Osmanthus bisa dipadukan dengan berbagai jenis makanan dan minuman untuk menambah aroma dan rasa, lho! Mulai dari kue, kopi, hingga es krim.
4 May 2024
jenis-jenis minuman kopi di atas meja kayu
Dari sekian banyak jenis-jenis minuman kopi, setidaknya ada 15 jenis yang punya banyak penggemar. Mulai dari Espresso, Latte, Affogato, hingga Romano.
4 Apr 2024
Ai-KA Coffee and Tea
Typically replies in a few hours
Selamat datang di Ai-KA Coffee & Tea, Bagaimana saya bisa membantu Anda?
Start Chat
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Privacy Policy and Cookies Policy
Compare product
0/4
Remove all
Compare